Tanda-Tanda Kanker Tiroid

Tanda-Tanda Kanker Tiroid

Tanda-Tanda Kanker Tiroid

Kanker tiroid merupakan sebuah kondisi di mana sel abnormal tumbuh dan berkembang pada kelenjar tiroid. Jenis kanker ini memang tak cukup banyak terjadi dan kalaupun gejala kanker tiroid dapat diketahui lebih awal, penyembuhannya termasuk mudah. Kanker tiroid pun cenderung dialami oleh orang-orang yang usianya sudah mencapai antara 35-39 tahun.

Namun ada juga yang menyerang orang-orang lansia dengan usia 70 tahun lebih. Yang berpotensi lebih besar dalam menderita kanker tiroid 2-3 kali lipat adalah wanita ketimbang pria. Berdasarkan survei dari American Cancer Society, ada 60.000 kasus kanker tiroid terbaru tahun lalu. Kebanyakan di antara penderitanya adalah wanita. Angka ini dianggap cukup tinggi jika dibandingkan dengan kasus serupa beberapa puluh tahun silam.

Meskipun sebesar 90% kanker tiroid bisa disembuhkan, bukan berarti Anda bisa menyepelekan penyakit ini. Jadi waspadai tanda-tanda kanker tiroid berikut ini:

 

  1. Benjolan di leher depan

Tepat di bawah jakun, jika ada benjolan di sana, Anda sebaiknya siaga. Sebab terkadang benjolan yang merupakan tanda-tanda kanker tiroid bisa tumbuh perlahan atau cepat sekali. Kanker tiroid pada dasarnya cukup jarang memunculkan gejala dan malah pada sebagian kasus, penderitanya tidak mengalami tanda-tanda kanker tiroid. Bila muncul benjolan yang terasa asing di bagian leher dan ini tampak aneh, perhatikan dan waspadai untuk segera dibawa ke dokter. Rasa-rasakanlah bila ada perubahan pada leher Anda karena Anda kemungkinan tak akan dapat melihatnya.

 

  1. Sulit berbicara

Diketahui bahwa kelenjar tiroid tepat berada pada bagian bawah laring atau yang kita sebut dengan kotak suara kita. Nodul tiroid yang kemungkinan adalah tanda-tanda kanker tiroid dapat menekan pada kotak suara sehingga akan menyebabkan perubahan pada suara. Jika penyakit bergerak ke jaringan di sekitarnya, seperti pita suara, biasanya penderita akan mengalami kesulitan bicara dan suaranya berubah serak.

 

  1. Kelenjar getah bening

Penderita kanker tiroid juga merasakan pembesaran pada kelenjar getah bening yang ada dileher. Dengan sentuhan lembut, pembesaran tersebut bisa dirasakan. Pada umumnya tanda-tanda kanker tiroidTanda-Tanda Kanker Tiroid seperti ini muncul ketika Anda mengalami demam dan radang atau sakit tenggorokan. Saat infeksinya sudah hilang, kelenjar getah bening yang tadinya membesar otomatis akan ikut mengempis dan kembali normal. Bila Anda tidak demam maupun radang tenggorokan tapi muncul bengkak di bawah rahang, Anda perlu segera memeriksakan ke dokter.

 

  1. Sulit menelan

Tiroid ada pada bagian atas trakea tenggorokan di mana bila kanker mengalami pertumbuhan dan perkembangan di bagian tersebut, maka tekanan akan muncul di bagian trakea. Selain tanda-tanda kanker tiroid sulit berbicara, benjolan di tiroid juga menekan kerongkongan, sehingga penderita merasa kesulitan saat menelan makanan.

 

  1. Sulit bernapas

Munculnya tekanan yang ada pada trakea karena perkembangan kanker tiroid tadi tak hanya membuat kita sulit dalam menelan. Ada kesulitan juga saat melakukan proses pernapasan di mana ini kemudian dapat menjadikan napas pendek-pendek. Dalam beberapa kasus, benjolan bahkan bisa menyempitkan tenggorokan, sehingga pasien juga merasakan tanda-tanda kanker tiroid juga kesulitan dalam bernapas.

 

  1. Nyeri leher

Karena adanya benjolan dan tekanan terhadap saraf di sekitar leher, bagian tersebut terkadang terasa nyeri. Bahkan nyeri tersebut bisa menyebar sampai ke telinga. Apabila mempunyai sakit pada leher yang lewat dari seminggu tidak sembuh-sembuh juga, maka Anda patut mencurigainya. Nyeri pada leher dengan jangka waktu hingga lebih dari beberapa minggu bukanlah hal yang normal. Untuk memastikan apakah nyeri tersebut ada hubungannya dengan tanda-tanda kanker tiroid, tentu Anda perlu ke dokter untuk didiagnosa lebih dulu supaya jelas.

 

Kanker tiroid meskipun telah disembuhkan, tidak menutup kemungkinan setelah 5 sampai 10 tahun kedepan dapat kambuh kembali. Hal ini dapat terjadi karena kemungkinan masih terdapat sisa yang tertinggal ketika menjalani operasi. Itulah beberapa tanda-tanda kanker tiroid yang wajib diwaspadai. Semoga dengan membaca dan memahami tanda-tanda kanker tiroid di atas Anda dapat melakukan pencegahan serta selalu waspada dengan kemunculan-kemunculan tandanya. Semoga bermanfaat…

 

 

 

Tanda-Tanda Kanker Tiroid

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*