Tahapan Pemeriksaan Kanker Mata

Tahapan Pemeriksaan Kanker Mata

 

Tahapan Pemeriksaan Kanker MataTahapan Pemeriksaan Kanker Mata – Dokter spesialis mata adalah yang terbaik saat Anda ingin memeriksakan gejala-gejala yang dialami. Biasanya, dokter mata akan mengawali pemeriksaan dengan bertanya tentang gejala yang sudah terjadi dan Anda diminta untuk menjelaskan secara rinci. Kemudian akan dilanjutkan dengan pemeriksaan yang lebih detil sesuai dengan anjuran dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut guna memastikan apakah benar gejala-gejala yang Anda temui merupakan penyakit kanker mata atau bukan. Tahapan Pemeriksaan Kanker Mata yang dilakukan dokter sebelum menentukan diagnosa biasanya sebagai berikut:

 

  1. Pemeriksaan Fisik Mata

Tahapan Pemeriksaan Kanker Mata ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah mata pasien ditemukan indikasi-indikasi kuat yang mengarah ke penyakit kanker mata atau tidak.

  1. USG

Tahapan Pemeriksaan Kanker Mata yang kedua yaitu dengan USG. Bisa dengan USG biasa dan USG berwarna, dapat membantu membantu memahami struktur dalam mata, serta dapat mendeteksi ukuran dan ketebalan tumor.

  1. Uji Refleks Merah

Tahapan Pemeriksaan Kanker Mata ini dilakukan di dalam ruangan gelap, setelah melakukan penyinaran pada mata, seharusnya akan terlihat fundus berwarna orange kemerahan, yang adalah warna normal retina mata.

  1. Tahapan Pemeriksaan Kanker MataPemeriksaan Refleks Cahaya Kornea

Merupakan Tahapan Pemeriksaan Kanker Mata melalui penyinaran cahaya pada kornea, untuk mengamati posisi refleksi cahaya guna mendiagnosa strabismus pada bayi yang baru lahir.

  1. PET CT

Sering digunakan untuk Tahapan Pemeriksaan Kanker Mata yang sudah menyebar. Hasil pemeriksaan lebih unggul daripada pemeriksaan CT biasa, selain mempunyai fungsi pemeriksaan CT, pemeriksaan ini juga dapat mendeteksi tumor primer, membantu pemilihan metode pengobatan beserta prognosisnya.

  1. Pemeriksaan CT Scan

Tahapan Pemeriksaan Kanker Mata CT Scan akan dilakukan di bagian kepala untuk melihat lebih jauh jaringan-jaringan bola mata yang tersambung ke otak setelah dokter menemukan indikasi kuat gejala kanker mata pada pemeriksaan fisik mata. Dapat membantu mendeteksi struktur abnormal dan distribusi kalsium, CT Scan juga dapat mendeteksi dan menentukan lokasi, ukuran, bentuk tumor, dll. Selain itu dapat menentukan apakah tumor merusak mata atau tidak, apakah ada penebalan saraf optik, pemeriksaan tengkorak dapat mendeteksi ada tidaknya metastase ke bagian otak, serta sisi ketiga tumor. Tentu saja dalam hal Tahapan Pemeriksaan Kanker Mata jaringan lunak, MRI lebih akurat daripada CT. Dengan bantuan media kontras, ia dapat membedakan invasi tumor saraf optik, berbagai orbital, dan intrakranial juga dapat membantu kita menentukan rencana pengobatan dengan lebih baik.

  1. Pemeriksaan Laboratorium

Setelah dokter yakin dan menegakkan diagnosa kanker mata, tentu penyebab dari terjadinya kanker mata ini perlu ditelisik lebih lanjut. Maka, Tahapan Pemeriksaan Kanker Mata laboratorium sangat dibutuhkan untuk mengetahui penyebab pasti terjadinya kanker mata.

 

Serangkaian Tahapan Pemeriksaan Kanker Mata tersebut dibutuhkan, berikut juga tes lanjutannya supaya penyebaran kanker dapat terdeteksi secara dini. Dengan tes-tes tersebut, akan dapat dibuktikan apakah benar Anda mengidap penyakit kanker mata atau tidak. – Tahapan Pemeriksaan Kanker Mata

 

Cara Mengobati Kanker Mata

Ada berbagai jenis dan pilihan pengobatan medis yang dokter anjurkan untuk diperoleh pasien kanker mata. Jenis kanker, tingkat penyebaran tumor, serta ukuran dari tumor perlu adalah bahan pertimbangan untuk menentukan pengobatan yang tepat. Tapi faktor lainnya seperti kesehatan secara menyeluruh pada pasien dan usia pasien pun turut memengaruhi pemberian obat.

Secara umum kita dapat melihat adanya sejumlah metode pengobatan yang biasa diberikan atau dianjurkan kepada pasien kanker mata. Mirip seperti tindakan pengobatan pada jenis kanker lainnya, inilah langkah pengobatan yang dimaksud. Kanker mata harus ditangani dengan tindakan medis sesegera mungkin agar penyebarannya tidak makin melebar ke bagian-bagian jaringan dan organ tubuh lain. Ada beberapa pilihan tindakan medis yang dilakukan dokter tergantung dari tingkat keparahan penyakit kanker mata sebagai berikut:

  1. Operasi

Tindakan operasi biasanya langsung diputuskan begitu gejala kanker mata terdeteksi. Hal ini karena langkah operasi adalah cara paling tepat dan cepat untuk mengangkat sel-sel kanker dan memutus rantai penyebaran kankernya.

  1. Radioterapi

Selain operasi, apabila kanker mata yang ditemukan masih berada pada stadium awal, tindakan radioterapi dapat dilakukan. Caranya adalah menggunakan penyinaran sinar X yang kuat agar sel-sel kanker terbunuh dan tidak menyebar kemana-mana.

  1. Kemoterapi

Kemoterapi biasanya adalah langkah medis yang terakhir dilakukan setelah dilakukan tindakan operasi atau radioterapi. Kemoterapi diperlukan untuk lebih mengintensifkan pengobatan terhadap kanker mata.   – Tahapan Pemeriksaan Kanker Mata

 

Untuk metode pengobatan, Anda dapat mengonsultasikannya dengan dokter ahli mata kepercayaan Anda. Asalkan gejala yang tampak dan terasa segera diperiksakan, belum terlambat untuk mengobatinya secara maksimal. Semoga bermanfaat…

 

 

Tahapan Pemeriksaan Kanker Mata

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*