Perbedaan Kanker Tiroid dan Gondok

Perbedaan Kanker Tiroid dan Gondok

Perbedaan Kanker Tiroid dan Gondok

Perbedaan Kanker Tiroid dan Gondok – Kanker Tiroid adalah jenis kanker yang menyerang bagian kelenjar kupu-kupu yang berada di daerah kerongkongan yang cukup banyak disalah artikan sebagai penyakit biasa yang dinamakan gondok. Beberapa dari Anda pasti pernah mendengar nama penyakit ini. Gejalanya mirip dengan kanker Tiroid, hanya saja jika sedikit saja mengamati akan terlihat perbedaan antara kedua penyakit tersebut. Kelenjar tiroid berfungsi mengeluarkan hormon(Triidothyronin, Thyroxine, Calcitonin) dan mengatur suhu tubuh, tekanan darah, denyut jantung, dan berat badan.

Penyakit gondok (struma) disebabkan pembengkakan pada leher bagian depan atau samping pada tenggorokan yang disebabkan pertumbuhan kelenjar gondok yang abnormal. Penyakit gondok juga dapat terjadi karena gangguan pada kelenjar tiroid yang tidak mensekresikan hormon tiroid sesuai kebutuhan tubuh. Kedua jenis penyakit ini baik gondok maupun kanker tiroid sebenarnya sangat berkaitan. Keduanya merupakan penyakit yang menyerang kelenjar tiroid. Bahkan dikatakan bahwa kanker tiroid dapat disebabkan oleh penyakit gondok yang lamban penanganannya. Berikut ini gejala penyakit gondok dan kanker tiroid yang memiliki kesamaan.

Jika dilihat dari beberapa gejalanya perbedaan kanker tiroid dan gondok sedikit samar. Namun jika diidentifikasi lanjut, maka akan ditemukan perbedaan pada gejala dua penyakit tersebut. Perbedaan kanker tiroid dan gondok dapat disimak dari ciri-ciri berikut ini:

 

  1. Nyeri Tenggorokan

Nyeri pada tenggorokan dialami oleh penderita kanker tiroid dan penyakit gondok. Perbedaan kanker tiroid dan gondok akan terlihat pada nyeri yang dirasakan. Pada penyakit gondok kecenderungan nyeri akan terasa saat menelan makanan saja, sedangkan pada kanker tiroid rasa nyeri tenggorokan akan dirasakan meski hanya menelan air liur saja.

 

  1. Benjolan

Baik penyakit gondok maupun kanker tiroid, keduanya sama-sama menyebabkan benjolan pada tenggorokan. Apabila diteliti lebih lanjut, perbedaan kanker tiroid dan gondok akan terlihat pada keduanya. Perbedaan kanker tiroid dan gondok pada penyakit gondok benjolan dapat muncul di bagian mana saja di tenggorokan, sedangakan pada kanker tiroid, sebagian besar ditemukan pada bagian depan tenggorokan (bawah jakun). Jika sedikit ditekan benjolan pada penyakit gondok tidak begitu sakit meskipun sudah membesar. Berbeda dengan kanker tiroid yang meski berukuran kecil benjolan akan terasa sakit bila ditekan.

 

  1. Kelainan Jantung

Perbedaan Kanker Tiroid dan GondokPerbedaan kanker tiroid dan gondok lainnya penderita penyakit gondok tidak akan mengalami gangguan pada jantung. Gangguan yang dimaksud adalah munculnya rasa cemas, selalu gelisah, dan jantung berdebar. Kelainan tersebut ditemukan pada penderita kanker tiroid.

 

  1. Dampak Psikologis

Penelitian membuktikan bahwa secara garis besar penderita penyakit gondok maupun kanker tiroid akan mengalami masa berkurangnya nafsu makan. Perbedaan kanker tiroid dan gondok yang dialami pada penderita gondok kurangnya nafsu makan dapat menyebabkan kondisi tubuh yang tidak stabil seperti demam tinggi sedangkan pada penderita kanker tiroid akan mengalami produksi keringat yang berlebih, dengan catatan kanker masih dalam stadium awal.

 

  1. Faktor Utama

Dilihat dari faktor utamanya, perbedaan kanker tiroid dan gondok bisa dikenali dari penyebabnya. Penyakit gondok murni karena gangguan yang terjadi pada kelenjar tiroid yang tidak mampu mengatur sekresi hormon sesuai dengan kebutuhan tubuh, selain itu pola makan yang tidak seimbang kandungan yodiumnya akan memicu penyakit ini. Dapat dikatakan bahwa penyakit gondok adalah penyakit tiroid ringan. Kanker tiroid lebih disebabkan karena kelenjar tiroid yng sudah membengkak dan memicu sel kanker tumbuh karena tidak segera diatasi. Beberapa faktor lain seperti penyakit gondok yang kronis serta pancaran radiasi sebagai efek kemoterapi atau radioterapi kanker juga memicu penyakit ini.

 

Pada intinya penyakit gondok dan kanker tiroid memiliki kesamaan baik gejala, pemicu, serta penanganannya. Keduanya dipengaruhi faktor kelebihan hormon yang sama dan mengakibatkan pembengkakan pada bagian kelenjar tiroid. Dilihat dari penanganannya, penyakit gondok dapat disembuhkan dengan obat herbal atau ramuan tradisional seperti daun sambiloto, konsumsi yodium dengan takaran stabil, atau dengan ramuan manggis. Perbedaan kanker tiroid dan gondok yaitu cara penanganannya. Kanker tiroid yang masih dalam stadium awal bisa dengan mudah diobati dengan obat tertentu dari resep dokter, tindakan seperti operasi pengangkatan dilakukan bila kanker sudah pada stadium lanjut. Kunci utama hidup sehat adalah mengatur pola makan dan pola hidup dengan seimbang. Demikian pembahasan mengenai perbedaan penyakit gondok dengan kanker tiroid. Semoga bermanfaat..

 

 

Perbedaan Kanker Tiroid dan Gondok

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*