Mencegah Kanker Hati

Mencegah Kanker Hati

 

Mencegah Kanker Hati

Mencegah Kanker Hati

Mencegah Kanker Hati – Kanker hati berkaitan erat dengan sirosis dan proses pembentukan jaringan parut pada organ hati. Organ hati yang normal terbentuk dari jaringan sel-sel yang lunak. Sirosis adalah kondisi saat jaringan hati yang normal telah mengeras akibat proses pembentukan jaringan baru  dari sel-sel yang luka. Akibat sirosis, fungsi hati mulai menurun. Perlu diingat bahwa tidak semua penderita sirosis akan mengalami kanker hati.

Dengan ratusan fungsi yang dijalankan, hati menjadi salah satu organ yang paling kompleks dalam tubuh manusia. Kanker hati dikategorikan sebagai penyakit serius akibat terhambatnya fungsi-fungsi hati tersebut, bahkan benar-benar menghentikannya. Berikut ini adalah beberapa fungsi terpenting dari hati:

  • Menghilangkan racun dari tubuh
  • Mencerna protein dan lemak
  • Memproduksi cairan penghancur lemak (empedu) yang membantu pencernaan
  • Membantu mengontrol penggumpalan darah

Segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut apabila Anda menemui gejal-gejala seperti:

  • Adanya massa di sebelah kanan atas perut.
  • Feses berwarna kehitaman dan urin berwarna seperti air teh.
  • Kulit dan putih mata menguning.
  • Lema(kelelahan), hilang nafsu makan, penurunan berat badan,
  • demam, menggigil.
  • Tangan dan kaki membengkak.
  • Gatal-gatal pada kulit.
  • Pembengkakan hati dan
  • Pembesaran perut.

Cara Mencegah Kanker Hati

Vaksinasi Hepatitis.

Tips mencegah kanker hati dengan vaksinasi hepatitis. Vaksinasi untuk hepatitis B merupakan metode utama untuk pencegahan HCC. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa kematian HCC lebih rendah di negara-negara yang mempraktikkan vaksinasi universal pada bayi yang baru lahir. Skrining, jika diperlukan, untuk hepatitis B sangat dianjurkan. Dengan deteksi dini dan pengobatan bagi mereka yang telah terinfeksi hepatitis, maka akan mengurangi risiko kanker. Namun sampai saat ini belum ada vaksinasi untuk hepatitis C, tetapi ada obat-obatan yang efektif mengobati penyakit itu. Dan obat-obatan itu, menurut Dr. Salleh, telah terbukti mengurangi risiko kanker.

Mengonsumsi makanan berserat

Tips mencegah kanker hati dengan mengonsumsi makanan berserat. Konsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur serta konsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Menghindari berbagi sikat gigi atau alat cukur.

Hepatitis B dan C ditularkan melalui cairan tubuh, terutama darah dan cairan mani atau vagina. Oleh karena itu, meski aman bagi pasien dengan hepatitis untuk berbagi makanan dengan teman-teman mereka dan keluarga, namun berbagi sikat gigi atau alat cukur harus dihindari.

Tidak Mengonsumsi Alkohol

Tips mencegah kanker hati dengan tidak mengonsumsi alkohol. Diet dan stop konsumsi alkohol, untuk menghambat risiko sirosis hati dan juga mengurangi risiko kanker. Telah terbukti bahwa perlemakan hati juga terkait dengan diabetes yang tidak terkontrol. Dengan bantuan dokter, manajemen yang tepat untuk mengatasi diabetes akan mengurangi risiko perlemakan hati dan kanker pada pasien. Diet rendah lemak, rendah kolesterol dan makanan non-berminyak dianjurkan untuk pasien tersebut.

Berolahraga

Tips mencegah kanker hati dengan berolahraga. Berolahraga setidaknya tiga kali seminggu selama minimal 45 menit. Pasien dengan perlemakan hati dan kelebihan berat badan perlu memiliki sistem kardiovaskular yang tepat sebelum menjalani program latihan/olahraga apapun. Pasien tersebut juga harus selalu berkonsultasi dengan spesialis kardiovaskular terlebih dahulu untuk menentukan apakah mereka cukup fit untuk melakukan latihan tersebut.

Menghindari makanan berjamur

Tips mencegah kanker hati dengan menghindari makanan berjamur. Menghindari makanan yang tersimpan lama atau berjamur karena berisiko mengandung jamur Aspergillus flavus yang dapat menjadi faktor risiko terjadinya kanker hati.

Tips mencegah kanker hati secara Sekunder

Tips mencegah kanker hati secara sekunder merupakan upaya yang dilakukan terhadap orang yang sudah sakit agar lekas sembuh dan menghambat progresifitas penyakit melalui diagnosis dini dan pengobatan yang tepat. Dalam hal ini diagnosis sangat penting dilakukan. Dan biasanya juga dilakukan pengobatan dengan kemoterapi.

Mencegah Kanker Hati

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*