Makanan Sehat Pemicu Kanker

Makanan Sehat Pemicu Kanker

 

Makanan Sehat Pemicu Kanker

Kanker adalah salah satu hal mengerikan yang bisa terjadi pada siapa pun. Makanya, wajar kalau saat ini makin banyak orang yang peduli terhadap pencegahan kanker. Mereka memulai dengan hidup sehat melalui makanan yang dikonsumsinya.

Di zaman kehidupan saat ini, cukup sulit tentunya untuk memilih makanan yang memang benar-benar sehat. Hal ini disebabkan karena tingginya polusi saat ini menyebabkan makanan sehat menjadi tidak sehat. Selain itu, banyaknya aneka macam olahan makanan menyebabkan kita sering kesulitan memilih makanan yang bukan merupakan makanan penyebab kanker yang dimakan setiap hari. Jadi, apa saja yang perlu kita lakukan? Tentu saja mengenali terlebih dahulu karakteristik yang dapat menyebabkan kanker.

 

Kanker disebabkan oleh makanan yang mengandung banyak gula buatan, diolah dengan suhu tinggi dan digoreng beberapa kali dengan minyak jelantah, setra makanan yang tidak matang secara sempurna. Jika melihat kriteria makanan penyebab kanker tersebut, tentu saja itu adalah yang sering kita temui sehari-hari. Lalu bagaimana cara menghindari berbagai macam olahan tersebut?

  • Mengubah gaya hidup, dengan benar-benar memperhatikan cara mengolah makanan
  • Mulai mengkonsumsi makanan sehari-hari pencegah kanker
  • Olahraga secara teratur
  • Memulai diet sehat mengatur pola makan

Setelah mengetahui cara menghindari berbagai macam olahan makanan sehat pemicu kanker, tentu saja sekarang saatnya mengenal daftar makanan penyebab kanker jika dimakan setiap hari, yaitu sebagai berikut:

  1. Roti

Makanan sehat pemicu kanker yang praktis untuk sarapan ini pada dasarnya mengandung beragam gizi, dari karbohidrat, mineral, zat besi, hingga kalsium dan folat. Kabar buruknya, telah ditemukan roti yang dicampur dengan potassium bromate. Zat kimia tambahan itu sudah diidentifikasi sejumlah organisasi kesehatan sebagai karsinogen (sesuatu yang menyebabkan kanker) potensial bagi manusia.

 

  1. Daging Merah

Tak hanya lezat di lidah, daging merah juga menjadi sumber bermacam-macam gizi. Sebut saja protein dan karbohidrat. Bahkan, kandungannya lebih tinggi daripada daging putih atau daging unggas.  Akan tetapi, kalian perlu waspada karena daging yang berasal dari ternak besar karena ini juga termasuk dalam makanan sehat pemicu kanker . Misalnya seperti sapi, kambing, dan babi, karena bisa menjadi karsinogenik ketika diolah dengan tingkat panas atau asam yang tinggi.

 

  1. Tomat Kaleng

Sebagai salah satu sumber vitamin C, tomat diyakini mampu menyehatkan tubuh hingga mencegah pembentukan radikal bebas, yang diketahui dapat memicu kanker. Namun, beda cerita kalau kalian doyan makan tomat kalengan.

Pada dasarnya, makanan kaleng tak sepenuhnya sehat, apalagi tomat kalengan. Bisa lebih parah dibanding sekedar makanan kaleng. Pasalnya, tomat punya tingkat keasaman yang tinggi dan lapisan kaleng yang umumnya menggunakan bahan kimia bisphenol-A (BPA). Sehingga bisa membuat makanan ini beracun.

 

  1. Susu

Apa salahnya minum susu? Susu memang ampuh dalam menyuplai kalsium untuk tulang kita, tetapi peneliti telah menemukan hubungan asupan kalsium tinggi dengan kanker prostat.  Alasannya, susu dan produk susu berkalsium tinggi dapat menurunkan 1,25-dihydroxyvitamin D3 (kalsitriol), yang dikenal secara aktif melindungi para pria dari kanker prostat.

 

  1. Ikan Salmon

Gizi yang dimiliki ikan salmon pada dasarnya tak main-main. Ada omega-3, vitamin A, protein, dan asam amino. Akan tetapi, ikan salmon yang diternakkan terbukti punya kandungan omega-3 yang lebih rendah. Tak cuma itu, ikan-ikan tersebut juga berpotensi mengandung kadar merkuri, PCB, dan dioxin yang dapat mengaktifkan sel kanker.

 

  1. Minyak Nabati

Minyak yang didapat dari ekstrak berbagai tumbuhan ini sebenarnya punya banyak manfaat. Seperti mengandung omega-3 (dalam minyak kanola dan biji bunga matahari), serta meningkatkan metabolisme (khususnya dalam minyak zaitun).  Yang perlu kalian tahu, vegetable oil alias hydrogenated oil ini juga memiliki omega-6, yang tak sehat dan mampu mengubah struktur sel manusia sehingga mengarah pada kanker.

 

  1. Buah-buahan

Tidak diragukan lagi, buah-buahan adalah salah satu makanan yang dibutuhkan manusia. Yang jadi masalah buah juga merupakan salah satu makanan sehat pemicu kanker , buah yang terpapar atau terkontaminasi pestisida dapat menyuburkan bibit-bibit kanker. Mencuci buah sebelum dikonsumsi memang membantu menghilangkan residu tersebut, walaupun tak sepenuhnya bisa.

 

Demikianlah informasi mengenai makanan sehat pemicu kanker, padahal makanan tersebut sudah dianggap sehat oleh kita. Semoga dapat menginspirasi dan bermanfaat ya!

 

 

Makanan Sehat Pemicu Kanker

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*