Langkah Pencegahan Kanker Mata

Langkah Pencegahan Kanker Mata

Langkah Pencegahan Kanker Mata

Langkah Pencegahan Kanker Mata – Kanker mata sebetulnya dapat dicegah oleh diri kita sendiri. Beragam upaya dapat dilakukan supaya kanker mata tidak menjadi berkembang dan menggerogoti kita. Di bawah ini langkah-langkah mudah yang bisa coba dipraktikkan supaya menurunkan risiko sakit dan kanker mata :

 

  1. Menggunakan kacamata

Langkah Pencegahan Kanker Mata yang pertama yaitu dengan menggunakan kacamata. Karena paparan sinar ultraviolet meningkatkan risiko terkena kanker mata, maka melindungi mata adalah hal terbaik yang bisa dilakukan demi memberikan perlindungan pada mata. Kacamata hitam atau kacamata anti debu adalah yang paling pas untuk dikenakan ketika berkegiatan di luar ruangan dan matahari tengah terik-teriknya. Ingat bahwa polusi pun tak bisa disepelekan karena mata dapat dengan mudah teriritasi akibat kemasukan debu saat kita berada di jalan.

Khusus bagi kebanyakan orang yang mengendarai sepeda motor atau sepeda di mana wajah gampang terekspos sinar matahari dan debu, kacamata normal (yang bukan untuk rabun dekat maupun jauh) juga boleh digunakan demi menjadi penghalang debu masuk ke mata. Kanker mata dapat terjadi ketika mata sering kena iritasi oleh debu yang menumpuk di dalam mata juga, jadi lindungi sebaik mungkin.

 

  1. Tidak mengenakan lensa kontak dalam waktu lama

Langkah Pencegahan Kanker Mata kedua yaitu untuk Langkah Pencegahan Kanker Matatidak mengenakan lensa kontak dalam waktu yang lama. Seperti yang telah diulas sebelumnya, pemakaian lensa kontak jangka panjang cukup membahayakan kondisi mata. Jadi sebaiknya jika tidak penting, hindari pemakaian lensa kontak apalagi penggunaan dalam waktu yang lama. Mata membutuhkan istirahat dan udara segar. Lensa kontak pun meningkatkan potensi iritasi pada mata, maka sebelum iritasi terjadi lebih baik batasi penggunaan atau kalau bisa tidak menggunakannya sama sekali. Kacamata masih lebih aman meski terkesan kurang modis atau trendi.  – Langkah Pencegahan Kanker Mata

 

  1. Melakukan deteksi dini kanker mata

Untuk mengetahui kondisi kesehatan mata kita, kita perlu melakukan Langkah Pencegahan Kanker Mata yaitu dengan melakukan pendeteksian dengan cara datang ke dokter mata lalu melakukan serangkaian metode diagnosa. Apabila sudah ada gejala kanker mata yang dicurigai, cobalah untuk konsultasikan dengan dokter. Rangkaian tes pemeriksaan biasanya bakal meliputi CT Fundus setelah tes laboratorium, dan tes CT Fundus ini akan dilakukan di bagian kepala pasien setelah kanker mata memang terdeteksi.   – Langkah Pencegahan Kanker Mata

 

  1. Menjaga pola makan

Langkah Pencegahan Kanker Mata yang terbaik yaitu dengan menjaga pola makan. Mengonsumsi makanan sehat dengan nutrisi seimbang tak hanya akan menjauhkan kita dari kanker semacam kanker paru-paru atau kanker payudara, kanker mata pun juga bisa dihindari. Banyak-banyaklah mengonsumsi wortel di mana kandungan vitamin A-nya cukup tinggi dan bagus untuk meningkatkan kesehatan mata. Vitamin dan seratnya begitu banyak di dalam sayur-sayuran dan buah, jadi biasakan menjalani pola hidup sehat seperti ini daripada mengonsumsi makanan-makanan yang tak bergizi.

 

  1. Menjaga kebersihan

Langkah Pencegahan Kanker Mata yang terakhir adalah dengan menjaga kebersihan. Pola hidup yang bersih akan melindungi kita juga dari segala penyakit. Salah satu cara mencegah agar kanker mata tak menyerang adalah menjaga kebersihan, seperti mencuci tangan secara lebih rajin. Ini dikarenakan kita sering menggunakan tangan untuk menyentuh dan mengucek mata di mana biasanya tangan kita tanpa disadari sedang penuh dengan kuman. Iritasi mata dapat terjadi ketika kuman yang ada di tangan berpindah ke mata.

 

Demikian sejumlah Langkah Pencegahan Kanker Mata yang wajib untuk kita lakukan agar dapat menurunkan resiko terkena kanker. Beberapa Langkah Pencegahan Kanker Mata pun telah dibagikan kali ini, jadi semoga berguna untuk menjauhkan diri kita dari penyakit tersebut.

Langkah Pencegahan Kanker Mata

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*