Kanker Yang Di Akibatkan Merokok

Kanker yang Di Akibatkan Merokok

Kanker Yang Di Akibatkan Merokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan tubuh serta menyebabkan berbagai penyakit pada seseorang. Dampak negatif tersebut tidak hanya terjadi pada perokok itu sendiri saja, namun juga dapat merugikan orang di sekitarnya yang juga ikut menghirup asap rokok. Meski sudah mengetahui bahaya dari rokok, banyak perokok yang mengabaikannya dan terus saja merokok tidak peduli tempat dan waktu. Akibatnya baik dirinya sendiri maupun orang lain dapat beresiko terkena penyakit berbahaya seperti kanker dan infeksi saluran pernapasan.

Rokok mengandung berbagai senyawa berbahaya seperti tar, nikotin, dan zat kimia berbahaya lainnya yang dapat merusak fungsi organ tubuh. Kebanyakan kasus terjadi pada perokok dimana mereka terkena penyakit yang berhubungan dengan saluran pernapasan hingga tumbuhnya sel kanker. Kanker yang di akibatkan merokok biasanya meliputi kanker tenggorokan, kanker nasofaring, dan kanker paru-paru. Bahkan tak jarang pula menyebabkan kanker pita suara.

Risiko menderita kanker paru-paru memang sangat tinggi saat Anda merokok, maupun mengisap asap rokok (perokok pasif). Namun ternyata, racun berbahaya yang berasal dari rokok, juga bisa menyebabkan lebih banyak lagi jenis kanker yang membahayakan nyawa Anda. Berikut empat jenis kanker paling umum yang juga berisiko tinggi pada perokok aktif maupun pasif, selain kanker paru-paru.

 

  1. Kanker Orofaring


Kanker yang di akibatkan merokok yang pertama yaitu kanker orofaring. Kanker orofaring terjadi pada bagian rongga mulut dan tenggorokan. Secara lebih spesifik, beberapa organ yang munkin terkena kanker ini adalah rongga mulut bagian atas, langit-lagit mulut, bagian bawah lidah, gusi, bagian dalam pipi, lidah dan bibir. Semetara bagian tenggorokan yang mungkin terkena kanker ini antara lain amandel, esofagus dan laring. Semua organ ini berperan penting dalam proses pernapasan, berbiacara, mengunyah dan menelan.

Sayangnya, masih banyak orang yang tak menyadari akan munculnya gejala kanker orofaring. Itulah sebabnya, Anda perlu mencermati gejala kanker ini, antara lain terdapat benjolan di bagian bibir, mulut, dan tenggorokan, rasa nyeri pada bibir atau bagian dalam mulut yang tidak kunjung sembuh, terdapat sariawan di bagian gusi, lidah, atau di lapisan lidah, rasa nyeri di tenggorokan yang tak kunjung sembuh, sulit mengunyah dan menelan, rasa sakit pada telinga hingga suara serak.

 

  1. Kanker Ginjal


Meskipun masih belum jelas bagaimana kanker ginjal merupakan kanker yang di akibatkan merokok, namun statistik menyatakan bahwa risiko dari kanker ginjal menurun secara signifikan ketika seseorang berhenti merokok. Sebetulnya tak hanya rokok yang menjadi faktor risiko kanker ini. Obesitas juga bisa memicu kanker pada ginjal. Dalam perjalanan penyakit, awalnya kanker ginjal memang jarang menimbulkan gejala. Namun saat sudah memasuki jtahap selanjutnya kanker ginjal bisa menyebabkan perdarahan pada urin, sakit punggung terutama di tulang rusuk yang tidak kunjung sembuh, dan terjadi penurunan berat badan yang drastis.

 

  1. Kanker Perut


Ketika asap rokok dihirup, tanpa disadari asap rokok akan tertelan dan masuk ke dalam perut. Karena banyaknya racun pada rokok yang masuk ke dalam pencernaan Anda, maka risiko kanker perut pun meningkat. Diperkirakan ada satu dari lima kasus kanker yang di akibatkan merokok. Gejala awal dari kanker ini umumnya berupa gangguan pencernaan, seperti rasa kembung setelah makan, mulas, sedikit mual, dan kehilangan nafsu makan. Jika Anda mengalami gangguan pencernaan atau mulas setelah makan, bukan berarti Anda terkena kanker perut. Sangat disarankan untuk mengunjungi dokter jika gejala ini terjadi berulang.

 

  1. Kanker Payudara

Studi menyatakan bahwa risiko wanita terhadap kanker payudara jauh lebih tinggi bila wanita tersebut merokok atau sering menjadi perokok pasif. Risiko dari kanker payudara akan menjadi lebih tinggi jika wanita tersebut sudah merokok sebelum memiliki anak pertama. Wanita yang merokok sebelum menopause juga memiliki risiko kanker payudara. kanker yang di akibatkan merokok ini tidak hanya meningkatkan resiko saja,  tapi juga dapat menyebabkan komplikasi pada pengobatan kanker payudara.

 

Namun, alangkah baiknya sebagai individu yang masih sehat untuk melakukan tindakan pencegahan terhadap timbulnya kanker yang di akibatkan merokok ini. Berikut ini adalah cara pencegahan penyakit kanker tenggorokan yang penting untuk Anda perokok aktif maupun pasif.

  • Berhentilah merokok dan merugikan orang disekitar Anda
  • Hindari perokok aktif dan beberapa area yang sering memaparkan asap
  • Berolah raga teratur
  • Menghindari konsumsi makanan berpengawet
  • Mengonsumsi makanan dan minuman bergizi yang anda buat dirumah
  • Selalu waspada pada perubahan fisik saat tubuh anda merasa sakit di bagian tertentu yang tidak kunjung sembuh
  • Usahakan memperbaiki sirkulasi udara dirumah anda

 

Demikian artikel informatif mengenai gejala kanker tenggorokan akibat merokok, semoga bermanfaat dan segera berhenti merokok sejak sekarang ya!

 

 

Kanker Yang Di Akibatkan Merokok

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*