Kanker Darah Dan Pengobatannya

Kanker Darah Dan Pengobatannya

 

Kanker darah atau leukemia adalah kanker yang menyerang sel-sel yang membentuk sel darah dalam sumsum tulang. Pada kondisi normal, sel-sel darah putih akan berkembang secara teratur di saat tubuh membutuhkannya untuk memberantas infeksi yang muncul.

Namun lain halnya dengan pengidap kanker darah. Sumsum tulang akan memproduksi sel-sel darah putih yang abnormal, tidak dapat berfungsi dengan baik, dan secara berlebihan. Jumlahnya yang berlebihan akan mengakibatkan penumpukan dalam sumsum tulang sehingga sel-sel darah yang sehat akan berkurang.

Kanker Darah Dan Pengobatannya

Gejala-gejala Kanker Darah

Gejala kanker darah sangat beragam. Tiap penderita biasanya mengalami indikasi yang berbeda-beda, tergantung kepada jenis kanker darah yang diidap.

Indikasi-indikasi kanker ini juga cenderung sulit dikenali karena cenderung mirip dengan kondisi lain, seperti flu. Karena itu, kita perlu mewaspadai gejala-gejala umum yang tidak kian membaik atau mereda, seperti:

  • Lemas atau kelelahan yang berkelanjutan.
  • Sakit kepala.
  • Muntah-muntah.
  • Keringat berlebihan, terutama pada malam hari.
  • Nyeri pada tulang atau sendi.
  • Penurunan berat badan.
  • Pembengkakan pada limfa noda, hati, atau limpa.
  • Muncul infeksi yang parah atau sering terjadi.
  • Mudah mengalami pendarahan (misalnya sering mimisan) atau memar.
  • Muncul bintik-bintik merah pada pada kulit.

Jika Anda atau anak Anda mengalami gejala-gejala di atas, segera hubungi dan periksakan diri ke dokter. Terutama untuk gejala yang sering kambuh atau tidak kunjung membaik.

Apa Makanan Pencegah Kanker Darah ?

Melawan kanker darah seharusnya memang dilakukan oleh semua orang. Tidak hanya untuk penderitanya saja tapi untuk semua orang yang masih sehat. Salah satu langkah yang perlu dilakukan adalah mempertimbangkan nutrisi makanan terbaik pencegah kanker darah. Berikut ini jenis makanan pencegah kanker darah yang dapat Anda gunakan untuk mencegah kanker darah, antara lain :

Tomat

Makanan pencegah kanker darah adalah tomat. Konsumsi tomat secara rutin juga bisa mencegah kanker darah. Tomat mengandung likopen yang menjadi senyawa flavonoid untuk mencegah kanker. Likopen yang terdapat dalam tomat ditunjukkan dengan zat warna alami seperti oranye dan kemerahan. Khasiat terbaik dari tomat bisa Anda dapatkan hanya dengan merebus sebentar saja. Konsumsi tomat mentah ternyata bisa memperlambat penyerapan likopen oleh tubuh.

Brussels Sprouts

Makanan pencegah kanker darah adalah brussels sprouts. Ini adalah salah satu jenis kubis termasuk dalam sayuran persilangan. Kubis yang memang dikembangkan di kawasan Brussels ini memang bentuknya mirip seperti kubis biasa, namun berwarna hijau dan ukuran yang lebih kecil. Konsumsi Brussels sprouts dengan cara ditumis atau di kukus sebentar bisa mencegah kanker. Alasan Brussels sprouts bisa mencegah kanker adalah karena mengandung senyawa sulforaphane. Bahkan dalam sebuah penelitian Brussels sprouts juga menghasilkan senyawa sinigrin yang bisa mencegah radikal bebas penyebab kanker.

Brokoli

Makanan pencegah kanker darah adalah brokoli. Brokoli yang dikukus atau di jus menjadi pencegah kanker darah yang sangat efektif. Alasan utama brokoli pencegah kanker darah adalah mengandung sebuah senyawa yang disebut sulforaphane. Senyawa ini akan langsung masuk ke aliran darah setelah lewat saluran pencernaan. Sulforaphane bekerja dengan membantu tubuh mendapatkan sistem kekebalan tubuh serta melawan semua sumber karsinogen atau zat penyebab semua kanker dalam tubuh. Jangan merebus brokoli terlalu lama karena bisa menghilangkah sulforapohane yang terkandung di dalamnya.

Kubis Merah

Makanan pencegah kanker darah adalah kubis. Kubis merah dikenal sebagai salah satu jenis kubis baru yang mulai banyak disukai. Kubis ini memiliki bentuk seperti jenis kubis putih biasa. Namun kubis merah menjadi sayuran ampuh untuk mencegah kanker darah. Hal ini disebabkan karena kandungan sulforaphane dalam kubis merah yang ternyata lebih tinggi dibandingkan pada kubis putih biasa. Senyawa sulforaphane memang sangat baik untuk memerangi pembentukan kanker darah karena bisa mencegah pembentukan tumor dan membentuk sistem kekebalan tubuh. Konsumsi kubis merah agar kandungan sulforaphane tetap ada adalah dengan menumisnya sebentar saja.

Kembang Kol

Makanan pencegah kanker darah adalah kembang kol. Sayuran yang mirip seperti brokoli ini juga mengandung sulforaphane pencegah kanker darah. Kembang kol memiliki warna putih dan rasa yang tawar. Konsumsi terbaik kembang kol adalah dengan merebus sebentar atau mengukusnya. Khasiat lain kembang bisa mencegah kanker adalah mengandung karbohidrat sayur yang sangat sehat. Kembang kol bisa dijadikan makanan pengganti beras atau nasi.

Kanker Darah Dan Pengobatannya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*