Gejala Kanker Tiroid

Gejala Kanker Tiroid

Gejala Kanker Tiroid – Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak pada bagian depan dari leher yang mengeluarkan hormon dan mengatur metabolisme, pertumbuhan, suhu tubuh, denyut jantung, tekanan darah, berat badan, dan lain-lainnya

Kanker tiroid sendiri adalah pertumbuhan sel abnormal di dalam kelenjar tiroid. Kanker tiroid merupakan sejenis kanker yang cukup jarang terjadi dan biasanya mudah disembuhkan jika diketahui sejak awal. – Gejala Kanker Tiroid

Kanker tiroid biasanya terjadi pada orang yang berusia antara 35-39 tahun dan juga pada usia 70 tahun ke atas. Wanita lebih berisiko mengalami kanker tiroid dua hingga tiga kali lipat dibandingkan pria. Meski alasan pasti kenapa hal ini terjadi masih tidak diketahui, tapi ada kemungkinan berkaitan dengan perubahan hormon pada sistem reproduksi wanita. – Gejala Kanker Tiroid

Kanker tiroid terbagi menjadi empat jenis, yaitu:

  • Karsinoma papiler. Ini adalah jenis kanker tiroid yang paling umum (sekitar 60 persen kasus kanker tiroid) dan biasanya memengaruhi wanita pada usia di bawah 40 tahun.
  • Karsinoma folikuler. Jenis ini terjadi sekitar 15 persen dari seluruh kasus kanker tiroid dan cenderung terjadi pada orang-orang lanjut usia.
  • Karsinoma medular tiroid. Jenis ini terjadi sekitar 5-8 persen dari seluruh kasus kanker tiroid, tapi kanker tiroid jenis ini bisa turun-menurun di dalam satu keluarga, ini yang membedakan dengan jenis kanker tiroid lainnya.
  • Karsinoma tiroid anaplastik. Ini jenis kanker tiroid yang paling jarang dan paling agresif. Kondisi ini hanya terjadi pada 5 persen dari kasus kanker tiroid yang ada dan umumnya terjadi pada orang pada usia 60 tahun ke atas.

 

Berdasarkan survei dari American Cancer Society, ada 60.000 kasus kanker tiroid terbaru tahun lalu. Kebanyakan di antara penderitanya adalah wanita. Angka ini dianggap cukup tinggi jika dibandingkan dengan kasus serupa beberapa puluh tahun silam.

 

Gejala Kanker Tiroid

Gejala Kanker Tiroid

Meskipun sebesar 90 persen kanker tiroid bisa disembuhkan, bukan berarti Anda bisa menyepelekan penyakit ini. Jadi waspadai Gejala Kanker Tiroid selengkapnya seperti yang dilansir dari Third Age berikut ini:

  • Benjolan di leher depan

Tepat di bawah jakun, jika ada benjolan di sana, Anda sebaiknya siaga. Sebab terkadang benjolan yang merupakan Gejala Kanker Tiroid awal yang bisa menyebabkan kanker tiroid bisa tumbuh perlahan atau cepat sekali.

  • Sulit berbicara

Gejala Kanker Tiroid lainnya jika penyakit bergerak ke jaringan di sekitarnya, seperti pita suara, biasanya penderita akan mengalami kesulitan bicara dan suaranya berubah serak.

  • Kelenjar getah bening

Penderita kanker tiroid juga merasakan Gejala Kanker Tiroid yang ditandai dengan pembesaran pada kelenjar getah bening yang ada dileher. Dengan sentuhan lembut, pembesaran tersebut bisa dirasakan.

  • Sulit menelan

Selain sulit berbicara, Gejala Kanker Tiroid yang ditandai dengan benjolan di tiroid juga menekan kerongkongan, sehingga penderita merasa kesulitan saat menelan makanan.

  • Sulit bernapas

Dalam beberapa kasus, benjolan bahkan bisa menyempitkan tenggorokan, sehingga pasien kanker tiroid juga mengalami Gejala Kanker Tiroid kesulitan dalam bernapas.

  • Nyeri leher

Karena adanya Gejala Kanker Tiroid yang ditandai dengan benjolan dan tekanan terhadap saraf di sekitar leher, bagian tersebut terkadang terasa nyeri. Bahkan nyeri tersebut bisa menyebar sampai ke telinga.

 

 

Mendiagnosis Kanker Tiroid

Untuk menentukan diagnosis terhadap kanker tiroid, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik sebagai tahap awal pemeriksaan. Dokter juga akan menanyakan tentang riwayat kesehatan keluarga, serta Gejala Kanker Tiroid yang Anda alami, seperti suara serak yang tidak kunjung menghilang. Tes yang dilakukan untuk mendiagnosis kanker tiroid adalah:

  • Tes fungsi tiroid. Ini adalah jenis tes darah yang berfungsi untuk memeriksa apakah pembengkakan yang terjadi pada leher Anda disebabkan oleh kondisi lain. Tes ini juga berfungsi mengukur hormon tertentu di dalam darah Anda. Tes ini bisa mengetahui jika terjadi masalah kesehatan, seperti kondisi hipertiroidisme atau kondisi hipotiroidisme.
  • Sitologi aspirasi jarum halus. Ini adalah prosedur lanjutan untuk mendiagnosis kanker tiroid. Anda tidak perlu melakukan rawat inap di rumah sakit untuk menjalani tes ini. Sebuah jarum yang sangat kecil dimasukkan ke benjolan pada leher untuk mengambil sampel yang kemudian diteliti dengan mikroskop. Tes ini bisa menentukan apakah terdapat sel bersifat kanker dan jenis dari kanker tiroid, jika memang ada.
  • Tes pencitraan. Anda mungkin perlu melakukan tes pencitraan, seperti CT scan, ultrasound, atau PET (positron emission tomography) untuk membantu dokter memastikan apakah kanker yang muncul sudah menyebar ke luar dari kelenjar tiroid.
  • Tes penyakit turunan. Dokter mungkin perlu melakukan tes genetik untuk mencari gen yang bisa meningkatkan risiko Anda mengalami kanker tiroid medular.

 

Itulah beberapa Gejala Kanker Tiroid yang wajib diwaspadai. Semoga Anda dijauhkan dari penyakit tersebut! – Gejala Kanker Tiroid

 

Gejala Kanker Tiroid

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*