Faktor Risiko Kanker Tiroid

Faktor Risiko Kanker Tiroid

Faktor Risiko Kanker Tiroid

Faktor Risiko Kanker Tiroid – Bagi orang yang pernah mengalami penyakit tiroid jinak seperti inflamasi kelenjat tiroid atau penyakit gondok, lebih berisiko menderita kanker tiroid. Sebanyak 20 persen kasus kanker tiroid muncul pada orang yang mengalami kondisi ini. Kanker tiroid adalah tumor yang relative jarang yang muncul paling sering pada wanita dibandingkan pria. Menurut banyak studi, Faktor Risiko Kanker Tiroid pada wanita dan akibat dari beberapa faktor hormo­nal atau reproduksi yang spesifik hanya pada wanita.

Kajian berupa kasus kontrol dilakukan dari tahun 2005 sampai 2010. Kelompok kasus termasuk 204 kasus kanker tiroid yang berdiferensiasi baik pada pasien pria (180 papiler dan 24 folikular termasuk sel Hürthle). Kelompok kontrol terdiri atas jumlah kasus yang sama. Pasien merupakan individu yang dicocokkan secara jenis kelamin, usia dan tempat tinggal. Analisis secara statistik termasuk logistik regresi univariat dan metode logistik regresi multivariat.
Menurut regresi logistik regresi, kanker tiroid berdiferensiasi baik pada pria secara signifikan berhubungan dengan status merokok, durasi merokok, jumlah rokok dalam sehari, riwayat adanya goiter atau nodul tiroid, riwayat kanker nontiroid, diabetes melitus, radioterapi pada kepala dan leher, serta riwayat adanya keganasan tumor. Menurut regresi logistik multivariate, hal ini secara bebas berhubungan dengan status merokok (OR = 0.36; 95% CI, 0.19-0.69), riwayat goiter atau nodul tiroid (OR = 9.19; 95% CI, 1.25-64.58), dan sejarah tumor keganasan (OR = 2.11; 95% CI, 1.19-7.33). Faktor risiko untuk kanker tiroid berdiferensiasi baik pada pria adalah goiter atau nodul tiroid dan riwayat penyakit keluarga dengan tumor keganasan. Merokok tidak berhubungan dengan penyakit ini.

Tapi penderita hipertiroidisme dan hipotiroidisme tidak meningkatkan risiko menderita kanker tiroid. Berikut inilah yang menjadi Faktor Risiko Kanker Tiroid, antara lain :

 

  • Riwayat kesehatan keluarga

Mutasi genetik yang diturunkan menjadi penyebab beberapa kasus karsinom tiroid menduler. Faktor Risiko Kanker Tiroid ini meningkat bila Anda memiliki kerabat yang pernah menderita kanker tiroid. Jadi, pastikan untuk melakukan tes darah untuk mengetahui apakah terdapat mutasi genetik bagi Anda yang memiliki kerabat dengan kondisi tersebut.

  • Pernah menderita gangguan payudara jinak

Penderita gangguan payudara yang tidak bersifat kanker seperti kista payudara, lebih meningkatkan Faktor Risiko Kanker Tiroid daripada wanita yang belum pernah mengalami kondisi ini.

  • Pajanan terhadap radiasi

Radiasi dari nuklir atau radiasi dari pengobatan medis dapat meningkatkan Faktor Risiko Kanker Tiroid terhadap seseorang.

  • Tinggi dan berat badan

Orang yang memiliki berat badan berlebih dan juga orang dewasa dengan badan lebih tinggi dari rata-rata memiliki Faktor Risiko Kanker Tiroid yang lebih tinggi.

  • Gangguan pencernaanFaktor Risiko Kanker Tiroid

Jika Anda mengalami gangguan pencernaan yang bernama familial adenomatous polyposis (FAP), maka Anda memiliki Faktor Risiko Kanker Tiroid lebih tinggi. FAP merupakan penyakit turunan dan biasanya disebabkan karena mewarisi gen yang cacat.

  • Jenis kelamin

Faktor Risiko Kanker Tiroid yang lainnya juga dipengaruhi oleh jenis kelamin. Wanita 3 kali lipat beresiko untuk menderita kanker tiroid dibanding pria. Kondisi ini mungkin berkaitan dengan hormon yang dilepaskan pada saat wanita mengalami menstruasi bulanan atau ketika sedang hamil. Tapi belum ada cukup bukti untuk memastikan teori ini.

  • Akromegali

Akromegali ialah kondisi langka, di mana tubuh menghasilkan terlalu banyak hormon pertumbuhan, dan akibatnya orang yang mengalami kondisi ini lebih meningkatkan Faktor Risiko Kanker Tiroidterhadap seseorang.

  • Makanan

Orang yang terlalu banyak mengonsumsi mentega, keju, dan daging, lebih meningkatkan Faktor Risiko Kanker Tiroid terhadap seseorang yang sering mengonsumsinya. Maka dari itu, perbanyak konsumsi buah dan sayuran segar untuk menurunkan risiko terkena kanker tiroid.

 

Dari ulasan di atas ternyata Faktor Risiko Kanker Tiroid tidak hanya genetik atau riwayat seseorang yang pernah mengalami kanker tiroid, makanan juga termasuk salah satu Faktor Risiko Kanker Tiroid maka dari itu untuk menghindari risiko penyakit kanker tiroid ini kita harus bisa menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita juga menghindari apa saja yang dapat meningkatkan risiko kanker tersebut. Semoga bermanfaat…

 

 

 

Faktor Risiko Kanker Tiroid

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*