Faktor Penyebab Kanker Tiroid

Faktor Penyebab Kanker Tiroid

 

Faktor Penyebab Kanker TiroidFaktor Penyebab Kanker Tiroid – Kanker tiroid terjadi pada sel-sel kelenjar tiroid (organ berbentuk mirip kupu-kupu terletak di pangkal leher), yang berfungsi memproduksi hormon untuk mengatur kecepatan jantung berdetak, tekanan darah, suhu tubuh dan berat badan.

 

Gejala Kanker Tiroid

Kanker tiroid biasanya tidak menyebabkan tanda dan gejala awal apapun. Seiring dengan pertumbuhannya, penderita akan merasakan :

  • Benjolan yang dapat dirasakan di bawah kulit bagian leher
  • Perubahan suara, termasuk suara serak
  • Sulit menelan
  • Nyeri di leher atau tenggorokan
  • Pembengkakan node limpa di leher

 

Penyebab pasti kanker tiroid belum diketahui, namun faktor risiko tertentu telah diidentifikasi dapat meningkatkan Faktor Penyebab Kanker Tiroid, diantaranya:

  1. Penyakit gondok

Salah satu Faktor Penyebab Kanker Tiroid yaitu karena penyakit gondok. Penyakit gondok merupakan gangguan kesehatan tiroid yang jinak, namun apabila dialami terlalu sering tidak baik karena akan memicu semakin parah dan akibatnya bisa menjadi kanker tiroid. Oleh sebab itu apabila ada penyakit gondok sebaiknya tidak diabaikan.

 

  1. Genetik

Faktor Penyebab Kanker Tiroid juga bisa dipengaruhi oleh keturunan keluarga. Keluarga yang memiliki riwayat kanker tiroid ini bisa meningkatkan risiko kepada keturunannya untuk menderita penyakit ini. Karena kesamaan gen dari keluarga inilah yang menyebabkan suatu penyakit bisa menurun ke anggota keluarga yang lainnya, maka dari itu genetik menjadi salah satu faktor penyebab kanker tiroid.

 

  1. Tumor payudara

Tumor payudara merupakanFaktor Penyebab Kanker Tiroid jenis kanker yang jinak dan tumor payudara bisa menyebabkan bagian tubuh akan mengalami masalah seperti pada kelenjar tiroid. Karena tumor payudara yang pernah dialami juga bisa meningkatkan Faktor Penyebab Kanker Tiroid. Oleh karena itu apabila pernah memiliki tumor payudara sebaiknya lebih hati-hati dalam menjaga kesehatan tubuh agar tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan di bagian tubuh yang lainnya.

 

  1. Berlebihan pada tinggi badan dan berat badan

Faktor Penyebab Kanker Tiroid juga bisa dialami karena disebabkan oleh berat dan tinggi badan yang berlebihan. Karena salah satu fungsi dari kelenjar tiroid untuk mengatur berat badan dan tinggi badan sehingga seseorang yang memiliki berat badan dan tinggi badan yang melebihi batas normal orang kebanyakan bisa menyebabkan penyakit kanker tiroid.

 

  1. Radiasi

Faktor Penyebab Kanker Tiroid juga bisa terjadi karena sering terkena paparan radiasi. Terlalu sering terpapar sinar radiasi bisa meningkatkan risiko untuk menderita kanker tiroid oleh karena itu jika melakukan pengobatan dengan metode radioterapi ataupun kemoterapi bisa meningkatkan risiko terkena penyakit ini.

 

  1. Makanan

Makanan yang masuk ke dalam tubuhFaktor Penyebab Kanker Tiroid pun bisa menjadi Faktor Penyebab Kanker Tiroid. Makanan yang meningkatkan kanker tiroid ini seperti daging merah, keju dan mentega. Oleh karena itu apabila jika tidak ingin menderita penyakit kanker tiroid maka sebaiknya makan makanan yang sehat seperti buah dan sayuran juga konsumsi makanan yang mengandung rendah yodium.

 

  1. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan seperti Familial Adenomatous Polyposis (FAP) merupakan gangguan pencernaan yang bisa menurun dari keluarga dan bukan hanya gangguan pencernaan biasa karena ini juga bisa menjadi salah satu Faktor Penyebab Kanker Tiroid. Oleh sebab itu jaga kesehatan tubuh dengan baik agar tidak menderita gangguan pencernaan.

 

Itulah beberapa Faktor Penyebab Kanker Tiroid, jika Anda menemukan gejala atau tanda-tanda seperti di atas maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter terdekat untuk memastikan apakah gejala tersebut merupakan kanker tiroid atau bukan. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat..

 

 

 

Faktor Penyebab Kanker Tiroid

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*