Faktor Penyebab Kanker Darah

Faktor Penyebab Kanker Darah

Faktor Penyebab Kanker Darah

Ada sejumlah Faktor Penyebab Kanker Darah yang dapat meningkatkan resiko seseorang untuk terkena beberapa jenis leukemia, sebagian bisa kita upayakan untuk diubah (dimodifikasi), namun sebagian tidak bisa kita hindari. Faktor Penyebab Kanker Darah meliputi:

  • Pengobatan kanker sebelumnya

Faktor Penyebab Kanker Darah yang pertama yaitu orang-orang yang pernah menderita kanker dan menjalani terapi berupa kemoterapi dan terapi radiasi akan memiliki peningkatan risiko mengembangkan penyakit leukemia jenis tertentu. Hal ini terjadi karena radiasi dapat mempengaruhi sel di tingkat DNA, terapi radiasi yang bertujuan untuk membunuh sel-sel kanker ternyata tidak hanya sel kanker yang terkena tetapi juga sel-sel sehat bisa terpengaruh dan pada kondisi tertentu (tidak selalu) hal ini bisa menyebabkan mutasi genetik dan terjadilah leukemia.

  • Riwayat keluarga leukemiaFaktor Penyebab Kanker Darah

Faktor Penyebab Kanker Darah kedua yaitu jika anggota keluarga ada yang didiagnosis menderita leukemia, maka ada risiko penyakit leukmia dalam satu keluarga tersebut.

  • Imun rendah

Faktor Penyebab Kanker Darah betikutnya yaitu akibat rendahnya sistem kekebalan tubuh pada seseorang akan mengakibatkan tubuhnya rentan untuk diserang penyakit, termasuk penyakit leukemia. Hal ini paling sering terjadi pada orang yang mengonsum obat-obatan penekan sistem imun ketika menjalani transplantasi organ. Orang yang menderita penyakit AIDS dan virus HIV lebih besar beresiko terkena berbagai  jenis kanker. Ini disebabkan, karena daya tahan kekebalan pada tubuh manusi yang terjangkit penyakit AIDS dan virus HIV sangat rendah, sehingga mudah sekali penyakit masuk dalam tubuh.

  • Perkembangan kromosom yang abnormal

Kromosom pada manusia terdiri dari 23 kromosom, dimana sel darah putih tumbuh di luar kendali dan tidak menjadi mati. Hal ini mengakibatkan terganggunya kemampuan sumsum tulang memproduksi sel darah dalam jumlah normal. Perkembangan kromosom yang abnomal akan menjadi Faktor Penyebab Kanker Darah leukimia myelogenous kronis.

  • Timbulnya kromosom abnormal menjadi gen baru

Disini sel darah merah menghasilkan protein yang terlalu banyak, yang biasa di sebut dengan tyrosine kinase. Tirosin kinase meningkatkan munculnya kanker dengan membiarkan sel-sel darah tumbuh di luar kendali, sehingga dapat menjadi Faktor Penyebab Kanker Darah leukimia myelogenous kronis.

  • Sel-sel baru dengan banyaknya penyakit

Timbulnya sel-sel baru yang di sebabkan oleh tirosin kinase yang menyebabkan terlalu banyak sel darah putih. Sel darah putih yang terjangkit penyakit atau tidak sehat dan tidak normal tidak tumbuh dan mati seperti sel normal. Sel-sel darah putih yang berpenyakit bisa bertambah dalam jumlah besar, dan dapat merusak sumsum tulang sehingga dapat menjadi Faktor Penyebab Kanker Darah leukimia myelogenous kronis.

  • Merokok

Kita tahu bahwa asap rokok Faktor Penyebab Kanker Darahbisa menyebabkan kanker, terutama kanker paru-paru. Namun ternyata tidak itu saja, merokok juga dapat menjadi salah satu Faktor Penyebab Kanker Darah leukemia myelogenous akut (AML).

  • Radiasi

Radiasi yang sangat tinggi dapat menjadi Faktor Penyebab Kanker Darah dengan batas waktu yang sangat lama. Contohnya seperti radiasi korban bom atom, yang bisa meningkatkan resiko kanker darah. Bahkan dalam radiasi rendah pun dapat meningkatkan resiko kanker darah.

  • Radang borok usus besar (ulcerative colitis) atau penyakit Crohn

Berbagai penelitian menunjukkan manusia yang memiliki penyakit radang usus memiliki resiko yang sangat tinggi dari kanker darah leukimia myeloid kronis. Radang usus juga bisa timbul sebagai penyebab kanker usus.

  • Menggunakan bahan kimia pestisida

Terlalu sering menggunakan bahan kimia pestisida juga bisa mengakibatkan kanker darah.

  • Benzena/bensol

Bensol merupakan bahan kimia yang terkandung di dalam bensin. Terlalu lama berhubungan langsung dengan bensol dapat meningkatkan resiko kanker darah leukimia myeloid kronis.

  • Berat badan

Berat badan berlebih meningkatkan sekitar seperempat terkena resiko leukimia myeloid kronis, di bandingkan dengan orang yang memiliki berat badan sehat.

 

Itulah beberapa Faktor Penyebab Kanker Darah yang bisa dijelaskan dalam ulasan kali ini, semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda.

 

 

Faktor Penyebab Kanker Darah

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*