Ciri-Ciri Kanker Kulit

Ciri-Ciri Kanker Kulit

Ciri-Ciri Kanker Kulit

Ciri-Ciri Kanker Kulit. Kanker kulit adalah sejenis kanker yang lebih sering menyerang orang dengan pigmen kulit putih. Namun hal ini tentu saja tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit kanker kulit tidak akan menyerang orang dengan kulit gelap. Hal ini karena kanker kulit pada dasarnya disebabkan oleh bahaya sinar UV yang memapar kulit.

Orang berkulit putih cenderung lebih berisiko sebab mereka memiliki pigmen pelindung dari sinar UV yang jauh lebih sedikit ketimbang orang berkulit hitam. Dengan terjadinya cuaca ekstrem dan gejala pemanasan global, sangat penting bagi Anda untuk mengenali Ciri-Ciri Kanker kulit agar dapat melakukan upaya pencegahan agar terhindar dari penyakit mematikan ini, atau bahkan untuk melakukan pengobatan dini.

 

Tanda-Tanda-Kanker-Kulit

Ciri-Ciri Kanker Kulit yang pertama adalah adanya tumor atau tompel atau benjolan yang dapat terlihat dari luar. Inilah yang menyebabkan kanker kulit cenderung memiliki risiko kematian paling sedikit, sebab Ciri-Ciri Kanker Kulit bisa dikenali dengan mudah, sehingga pertolongan medis pun bisa dilakukan lebih cepat. Selain itu, kulit juga merupakan organ yang letaknya paling jauh dari organ vital utama manusia, sehingga kemungkinan penyebarannya membutuhkan waktu yang lebih lama.

 

Jenis benjolan pada gejala kanker kulit merupakan Ciri-Ciri Kanker Kulit adanya kemungkinan kanker kulit stadium awal. Bila Anda menemukan sebuah benjolan tidak wajar, artinya tiba-tiba muncul dan belum pernah dirasakan sebelumnya, maka perhatikanlah beberapa Ciri-Ciri Kanker Kulit berikut:

  • Ciri-Ciri Kanker Kulit bentuk benjolan yang kurang beraturan atau asimetris. Sehingga antara bentuk bagian kiri dan kanannya terlihat berbeda.
  • Ciri-Ciri Kanker Kulit adanya batas pinggiran benjolan yang terlihat tidak rata dan cenderung memiliki tekstur yang kasar.
  • Ciri-Ciri Kanker Kulit benjolan memiliki warna yang tidak rata atau bergradasi, misalnya warna gelap di tengah dan warna cokelat muda di bagian pinggir hingga batas tepinya.
  • Ciri-Ciri Kanker Kulit besar diameter benjolan yang tidak wajar, bandingkan dengan diameter sebuah pensil.
  • Ciri-Ciri Kanker Kulit bentuknya yang berubah-ubah jika diamati secara teliti. Untuk membuktikan hal ini Anda bisa mengambil foto benjolan atau tompel pada hari pertama Anda mengetahuinya. Kemudian lakukan pengambilan foto pada minggu berikutnya, amati apakah ada perubahan bentuk, warna, atau bahkan ukuran.

Sementara Ciri-Ciri Kanker Kulit yang lain adalah dengan adanya benjolan yang terasa gatal atau bahkan sakit jika disentuh. Amati juga bila terdapat luka kecil pada kulit yang terus mengeluarkan darah sehingga cenderung tidak sembuh. Hal ini bisa jadi adalah gejala kanker kulit.

 

Diagnosis Kanker Kulit

Kanker kulit merupakan jenis kanker ganas yang menyerang daerah kulit, menyerang bagian-bagian tubuh yang terbuka oleh kulit, sehingga membuat keadaan dan kondisi kesehatan fisik dan mental seseorang menjadi tidak nyaman.

Jika melakukan diagnosis kanker kulit tepat waktu, maka akan sangat membantu dalam proses pengobatan untuk mengatasi kanker kulit tersebut.

Ciri-Ciri Kanker Kulit juga pada seseorang yang telah lanjut usia, seperti 50-60 tahun, memiliki resiko terbesar terserang penyakit kanker kulit. Tetapi, dalam hal ini banyak orang yang malas dan tidak ingin direpotkan oleh proses pemeriksaan medis. Berikut ini akan dijelaskan mengenai metode pengobatan dari kanker kulit.

 

  1. Langkah Diri Untuk Melakukan Pemeriksaan Ciri-Ciri Kanker Kulit :
  • Menatap cermin kearah bawah, posisi tubuh dalam keadaan tidak mengenakan sehelai pakaian apapun, pertama dapat memulainya dari telapak tangan, lalu periksa telapak tangan, jari-jari, lengan atas dan bagian lengan bawah.
  • Kemudian, langkah selanjutnya angkat kedua tangan ke atas, lekukan sikut tangan, dan lakukan pemeriksaan sendiri dengan teliti pada bagian lengan bawah juga bagian sendi-sendinya.
  • Lakukan pemeriksaan tubuh bagian depan, yaitu mulai dari pemeriksaan bagian muka, bagian leher, bagian perut, bagian dada, bagian dari daerah intim, lalu bagian paha atas dan bagian paha bawah.
  • Pemeriksaan tubuh bagian samping dengan mengangkat kedua tangan ke atas, langkah pertama periksalah tubuh bagian sebelah kiri, dan lalu periksa tubuh bagian sebelah kanan.
  • Lalu selanjutnya, punggung menghadap ke arah cermin atau membelakangi cermin, gunakan cermin kecil agar mudah digenggam tangan, lihat leher bagian belakang , punggung, pinggul, dan kedua lengan bagian belakang. Jika merasakan sulit, Anda dapat meminta bantuan kepada saudara atau kerabat, dan pasangan Anda, agar dapat melakukan pemeriksaan bagian belakang.
  • Anda dapat meminta bantuan sesorang untuk menyisir rambut, lalu lakuanlah pemeriksaan Ciri-Ciri Kanker Kulit bagian kepala Anda, apakah ada sesuatu hal yang mencurigakan di kulit kepala Anda atau tidak.
  • Langkah selanjutnya, Anda dapat duduk, lalu periksalah bagian kaki Anda, dari bagian tumit, bagian jari kaki dan bagian telapak kaki, jika pemeriksaan Ciri-Ciri Kanker Kulit bagian bawah kaki sudah selesai, kemudian segera Anda mengambil cermin untuk melakukan pemeriksaan Ciri-Ciri Kanker Kulit pada betis bagian depan maupun pada bagian belakang, amatilah dengan cermat, apakah terdapat tanda-tanda adanya lesi atau tidak.

 

Sedangkan diagnosis secara medis, pemeriksaan awal dilakukan oleh dokter kulit. Seorang dokter kulit yang telah berpengalaman, biasanya dapat mengetahuinya dengan cukup mengamati Ciri-Ciri Kanker Kulit bagian benjolan yang berada di atas permukaan kulit merupakan tumor jinak atau ganas.

 

  1. Poin Diagnosis Kanker Kulit

Berikut ini beberapa poin yang harus diperhatikan dalam diagnosis kanker kulit.

  • Pertama-tama, Anda harus memperhatikan bahan-bahan atau zat yang berhubungan atau melakukan kontak langsung dengan kulit Anda. Waspadalah, terhadap terjadinya Ciri-Ciri Kanker Kulit bagi penderita yang memiliki penyakit kulit kronis, dan orang-orang yang bekerja di bidang yang berhubungan dengan zat-zat radioaktif, di bidang batubara, dan aspal yang biasa digunakan untuk jalanan. Karena hal tersebut adalah dasar penting dalam diagnosi kanker kulit.
  • Jika Anda mengalami kelainan pada kulit, maka hal ini harus diperhatikan dan patut dicurigai, jika Anda menemukan sebuah nodul yang keras pada permukaan kulit, lalu bagian tepinya ada benjolan atau menonjol, serta terdapat pertumbuhan pada sekitarnya, waspadalah, karena Ciri-Ciri Kanker Kulit Tersebut kemungkinan yang terjadi itu adalah kanker kulit, khususnya bagi Anda yang telah memasuki usia di atas 40 tahun.
  • Dan yang terakhir, Anda dapat melakukan pemeriksaan medis histopatologi untuk mendiagnosis kanker kulit. Melakukan pemeriksaan medis histopatologi sangat penting, karena hasil pemeriksaan yang akurat. Jika hasil pemeriksaan Ciri-Ciri Kanker Kulit menunjukkan Anda terkena kanker kulit, diharapkan jangan panik, Anda dapat menentukan langkah pengobatan selanjutnya sesuai dengan kodisi penyakit yang Anda derita. Lakukanlah konsultasi dengan ahlinya, untuk mendapatkan hasil pengobatan yang baik juga efektif.

 

Ciri-Ciri Kanker Kulit

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*