Cara Pengobatan Kanker Mata atau Retinoblastoma

Cara Pengobatan Kanker Mata atau Retinoblastoma

Cara Pengobatan Kanker Mata atau Retinoblastoma

Cara Pengobatan Kanker Mata atau Retinoblastoma – Retinoblastoma dapat menyerang satu mata (unilateral) atau bahkan kedua mata (bilateral). Penyakit ini timbul akibat adanya proses mutasi genetik pada sel-sel saraf di dalam retina. Hal ini menyebabkan sel saraf terus tumbuh dan berkembang dan membentuk tumor pada retina. Tumor ini juga dapat tumbuh dan mengisi hampir seluruh vitreous humor (zat seperti selai yang mengisi bola mata). Selain itu, tumor ini juga dapat pecah dan menyebar ke bagian lain dari mata.

Dibawah ini ada beberapa cara yang disarankan oleh dokter – dokter dibanyak rumah sakit untuk mengobati kanker mata atau retinoblastoma :

  1. Enukleasi

Cara Pengobatan Kanker MataCara Pengobatan Kanker Mata atau Retinoblastoma ini berarti penghapusan mata. Mata dengan tumor akan dihapus dan dikirim untuk laporan patologi. Ruang ini digantikan oleh implan buatan yang terbuat dari plastik, karet atau karang. Anak itu dilengkapi dengan mata protesa atau buatan, dibuat untuk pertandingan mata lainnya. Mata buatan ini tentu saja tidak memiliki visi apapun.

  1. Localized Plak

Cara Pengobatan Kanker Mata ini melibatkan penerapan dekat plak radioaktif ke tumor pada sclera, dan dengan demikian memberikan terapi radiasi di daerah lokal. Secara signifikan mengurangi komplikasi lokal yang terkait dengan terapi radiasi. Laser digunakan untuk menghancurkan pembuluh darah yang memasok oksigen dan nutrisi ke tumor. Tanpa adanya sumber untuk bahan bakar, sel kanker akan mati.

  1. Thermotherapy

Cara Pengobatan Kanker Mata dengan Thermotherapy menggunakan suhu panas yang ekstrem untuk membunuh sel kanker. Selama Thermotherapy, panas diarahkan pada sel kanker dengan menggunakan USG, microwave atau laser.

  1. Photocoagulation

Cara Pengobatan Kanker Mata atau RetinoblastomaCara Pengobatan Kanker Mata dengan laser pengobatan untuk tumor efektif dan aman untuk tumor yang lebih kecil dalam ukuran. Dalam kasus-kasus yang tepat, pengobatan ini dapat membantu dalam melestarikan mata serta melihat anak.

  1. Cryotherapy

Cara Pengobatan Kanker Mata ini melibatkan pembekuan tumor dengan menggunakan probe khusus pada permukaan luar mata (sklera). Perawatan ini dilakukan dengan observasi langsung dan efektif dalam menyelamatkan mata dan penglihatan pada pasien dengan tumor kecil. Zat yang sangat dingin, seperti nitrogen cair, digunakan pada jenis pengobatan ini guna membunuh sel kanker. Selama Cryotherapy, zat tersebut ditempatkan di atau dekat sel-sel kanker. Sel kanker akan membeku dan mencair. Proses pembekuan dan pencairan, diulang  beberapa kali dalam setiap sesi Cryotherapy.

  1. Kemoterapi

Cara Pengobatan Kanker Mata ini dengan menggunakan obat antikanker. Telah ada preferensi baru-baru ini terhadap pengobatan dengan obat sistemik sebagai pengobatan tambahan. Kemoterapi ini dapat mengurangi ukuran tumor sehingga membuatnya lebih bisa menerima perawatan lokal seperti laser, Cryotherapy dan radiasi plak.

  1. Brachytherapy

Cara Pengobatan Kanker Mata lainnya dengan cara Brachytherapy atau radiasi internal. Selama radiasi internal, perangkat pengobatan sementara ditempatkan di atau dekat tumor. Radiasi internal untuk retinoblastoma menggunakan piringan kecil yang terbuat dari bahan radioaktif. Piringan tersebut dijahit di tempat dan dibiarkan selama beberapa hari sementara perlahan-lahan mengeluarkan radiasi untuk tumor. Menempatkan radiasi dekat tumor mengurangi kesempatan bahwa pengobatan akan mempengaruhi jaringan mata yang sehat.

  1. Eksternal berkas radiasi

Sebagai alternatif untuk enukleasi, Cara Pengobatan Kanker Mata ini memberikan pengobatan radiasi ke mata bisa mengobati tumor sambil mempertahankan mata. Seperti tumor sangat radiosensitive, metode pengobatan ini sangat efektif. Meskipun radiasi dapat menyebabkan kerusakan pada struktur sekitar mata, misalnya, lensa (katarak), sistem lakrimal (mata kering), orbit (maldevelopment tulang) dll juga meningkatkan kemungkinan mengembangkan tumor sekunder tulang, terutama di anak-anak dengan tumor yang melibatkan kedua mata. Ini menggunakan sinar bertenaga tinggi (sinar-X). Namun, apabila sinar radiasi mencapai daerah halus di sekitar mata, seperti otak, itu akan menimbulkan efek samping. Oleh karena itu, jenis terapi ini hanya dianjurkan apabila jenis pengobatan lain tidak bekerja.

 

Demikian ulasan tentang Cara Pengobatan Kanker Mata atau Retinoblastoma, semoga bermafaat..

 

Cara Pengobatan Kanker Mata atau Retinoblastoma

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*