Cara Menghadapi Penyakit Kanker

Cara Menghadapi Penyakit Kanker

Cara Menghadapi Penyakit Kanker

Dalam perjalanan Anda melawan kanker, Anda mungkin akan menghadapi tantangan yang nampaknya merupakan tantangan terbesar yang pernah Anda hadapi sejauh ini. Lain orang mungkin memiliki respons yang lain pula dalam menghadapi tantangan ini, dan semuanya adalah reaksi yang alami. Kami berharap untuk dapat membantu saat Anda menjalani pengobatan dan rehabilitasi. Berikut adalah beberapa cara menghadapi penyakit kanker sebagai refensi Anda :

 

  1. Dapatkan informasi yang akurat

Cara menghadapi penyakit kanker yang pertama yaitu dengan mendapatkan pengetahuan yang berdasarkan fakta, ketegangan akibat dugaan dan ketakutan yang timbul dari informasi yang tidak diketahui atau tidak akurat akan berkurang. Meskipun mungkin terdapat ketidakpastian di tahap diagnosis awal, cobalah untuk mendapatkan sebanyak mungkin informasi yang praktis dan relevan tentang diagnosis kanker Anda. Akan membantu jika Anda ditemani seorang teman atau anggota keluarga tepercaya saat berkonsultasi pertama kali dengan dokter Anda karena mereka dapat membantu Anda memproses informasi yang disampaikan. Catat terlebih dahulu pertanyaan dan kekhawatiran Anda dan bawalah catatan tersebut.

 

  1. Jaga komunikasi yang terbuka

Cara menghadapi penyakit kanker kedua yaitu berkomitmenlah untuk membuka dialog dengan orang-orang yang Anda cintai, dokter, dan pengasuh setelah terdiagnosis terkena kanker. Jika orang-orang mencoba untuk melindungi Anda dari berita buruk atau jika Anda mencoba untuk bersikap berani, Anda mungkin akan merasa sangat sendirian dan tak memiliki hubungan. Cara menghadapi penyakit kanker dengan mengekspresikan emosi secara jujur, Anda dan orang yang Anda cintai mendapat kebebasan untuk menjadi rentan dan menerima dukungan dari satu sama lain.

 

  1. Biarkan orang yang Anda cintai membantu

Bersikaplah terbuka untuk menerima cinta dan bantuan praktis dari teman dan keluarga Anda juga merupakan salah satu cara menghadapi penyakit kanker. Mereka dapat membantu melakukan pekerjaan rumah tangga, menjalankan tugas, mengantar Anda ke dan dari tempat janji bertemu, serta menyiapkan makanan. ara menghadapi penyakit kanker dengan menerima bantuan mereka, mereka akan merasa diberdayakan untuk berkontribusi bagi kesehatan Anda di saat-saat yang sulit, yang menumbuhkan rasa saling mendukung dan solidaritas. Anda juga dapat mendorong keluarga Anda menerima bantuan praktis, seperti melibatkan teman untuk mengantar atau mengasuh anak-anak Anda.

Diagnosis kanker mempengaruhi seluruh keluarga dan menambah stres, khususnya pada pengasuh utama; dengan menerima bantuan dari orang lain, pasien akan sangat membantu dalam mencegah kelelahan pengasuh.

 

  1. Berbicaralah tentang kanker dengan orang lain

Mungkin menurut Anda orang-orang yang belum pernah menderita kanker tidak akan pernah benar-benar memahami perasaan Anda. Banyak pasien merasa bahwa berbicara dengan sesama pasien kanker atau orang-orang yang berhasil sembuh akan sangat membantu dan inspiratif. Cara menghadapi penyakit kanker dengan perbincangan ini dapat memberikan wawasan tentang hal yang dapat Anda harapkan selama pengobatan dan memungkinkan Anda berempati juga pada orang lain.

 

  1. Evaluasi kembali tujuan hidup Anda

Diagnosis kanker mungkin akan membuat kita merenungkan makna kehidupan. Ini adalah waktu yang tepat untuk merenungkan apa dan siapa yang benar-benar Anda hargai dalam hidup Anda. Cara menghadapi penyakit kanker selanjutnya yaitu gunakan waktu untuk melakukan aktivitas yang membuat Anda senang dan puas. Aktivitas ini tidak perlu ambisius; beberapa orang mendapat kesenangan dengan bermain piano, mendengarkan musik, atau melukis. Yang lain dapat terhibur dengan berdoa, membaca buku rohani, atau menulis autobiografi. Biarkan diri Anda mengembangkan keterbukaan baru dengan orang-orang tercinta berbagi pikiran dan perasaan Anda dengan mereka, dan mengajak mereka untuk melakukan hal yang sama. Dialog terbuka dapat mengurangi kecemasan dan ketakutan karena kanker. Jika perlu, Anda dapat berkonsultasi dengan konselor atau terapis untuk memfasilitasi dialog ini.

 

  1. Siapkan diri Anda untuk menghadapi kemungkinan perubahan fisik

Sekarang setelah terdiagnosis kanker dan sebelum memulai pengobatan adalah waktu yang tepat untuk mempersiapkan perubahan fisik Anda yang akan dating. Cara menghadapi penyakit kanker yang tepat yakni bicaralah dengan dokter Anda tentang perubahan yang harus Anda antisipasi.

Misalnya, apakah kerontokan rambut merupakan efek samping yang telah diketahui, hadirilah seminar praktis, seperti “Terlihat Segar, Merasa Lebih Baik”, di mana para ahli memberikan saran untuk menggunakan rambut palsu, aksesori rambut, merawat kulit, berdandan, dan berpakaian bagus. Juga ada kelompok dukungan dan situs web di mana informasi, dukungan, dan bahkan bank rambut palsu siap tersedia.

 

  1. Berusahalah mempertahankan gaya hidup Anda seperti biasa

Saat dihadapkan dengan ketidakpastian, merencanakan perubahan gaya hidup yang signifikan mungkin nampaknya berlebihan; maka Anda didorong untuk melakukan langkah-langkah kecil. Cara menghadapi penyakit kanker jika Anda menghadapinya yaitu sebisa mungkin upayakan untuk mempertahankan gaya hidup Anda seperti biasa, yang lambat laun akan mengubah rutinitas Anda jika perlu. Cara menghadapi penyakit kanker ini akan membantu Anda menjadi lembut dan sabar terhadap diri sendiri dan pengasuh Anda; terapkan filosofi baru untuk hidup pada saat ini, dan majulah sehari demi sehari. 

 

  1. Pertahankan gaya hidup sehat

Makan sehat dan memulai berolahraga ringan dapat membantu meningkatkan tingkat energi. Anda dapat berkonsultasi dengan ahli gizi atau merencanakan diet sehat yang terdiri atas makanan segar/organik, dan menghindari perasa dan pengawet buatan.

Berjalan-jalan setelah makan malam, melakukan olahraga peregangan, dan beristirahat yang cukup dapat membantu Anda mengatasi rasa lelah. Riset terkini mendukung klaim bahwa orang-orang yang berolahraga fisik selama pengobatan dapat menghadapi penyakit ini dengan lebih baik dan juga dapat bertahan hidup lebih lama cara tersebut juga merupakan salah satu cara menghadapi penyakit kanker.

 

  1. Atasi stigma

Sangat disayangkan bahwa stigma dan stereotip lama tentang kanker masih ada saat ini. Teman-teman Anda mungkin keliru mengira bahwa kanker menular atau bahkan menarik diri dari Anda. Banyak orang yang akan memberikan saran tanpa diminta, mengajukan pertanyaan yang sensitif, dan menyuarakan kekhawatiran mereka. Hal ini mungkin membuat frustrasi atau bahkan sering kali menyakitkan.

Akan sangat membantu jika Anda memutuskan pendekatan yang digunakan dalam menghadapi perilaku orang lain saat berinteraksi dengan Anda. Kebanyakan orang sering kali mengambil isyarat dari respons Anda. Cara menghadapi penyakit kanker Anda dapat memutuskan untuk mengingatkan teman Anda bahwa meski kanker telah menjadi bagian yang menakutkan dari hidup Anda, hal itu tidak perlu dijadikan alasan untuk menghindari Anda. Bahkan Anda dapat memutuskan untuk menjaga jarak dengan sekelompok teman tertentu.

 

Anda dapat membicarakan kekhawatiran Anda dengan dokter atau perawat Anda untuk memahami kondisi Anda dengan lebih baik lagi. Jika Anda menyadari bahwa Anda merasa kewalahan atau sulit mengatur kehidupan sehari-hari, Anda dapat berkonsultasi dengan konselor untuk mendapat dukungan. Konselor akan membimbing Anda melalui berbagai cara menghadapi penyakit kanker agar dapat memproses dan mengatur perasaan Anda dengan lebih baik lagi, dengan harapan bahwa Anda akan dapat dengan lancar menyesuaikan gaya hidup Anda dengan pengobatan. Memang dibutuhkan keberanian, harapan, dan dukungan untuk mengatasi fase ini; dan hal ini mungkin dan dapat dilakukan.

 

 

Cara Menghadapi Penyakit Kanker

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*