Cara Mencegah Kanker Tiroid

Cara Mencegah Kanker Tiroid

Cara Mencegah Kanker Tiroid

Cara Mencegah Kanker Tiroid – Kanker tiroid adalah kanker yang menyerang pada bagian kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid adalah sebuah kelenjar yang berbentuk seperti kupu-kupu dan terletak di bagian pangkal leher atau dibagian bawah jakun untuk laki-laki. Kanker tiroid adalah termasuk dalam jenis kanker yang bisa disembuhkan dengan tindakan perawatan yang tepat. Semua orang memiliki tiroid yang berfungsi untuk mengatur suhu tubuh, kondisi berat badan, tekanan darah dan juga denyut jantung. Jadi peran kelenjar tiroid sangat penting untuk tubuh dan kesehatan tubuh. Gangguan pada kelenjar tiroid akan menyebabkan masalah kesehatan yang komplek.

Hingga saat ini penyebab kanker tiroid paling utama memang belum ditemukan dan masih terus diteliti. Namun proses awal terbentuknya kanker tiroid adalah ketika ada beberapa jumlah sel yang ada di kelenjar tiroid mengalami mutasi genetik. Perubahan ini kemudian akan mendorong sel untuk lebih cepat tumbuh dan berkembang biak melebihi sel yang normal. Ketika ada banyak produksi sel yang terus hidup dan berkembang maka sel tidak bisa mati dalam waktu yang lebih cepat. Kemudian pertumbuhan sel yang tidak bisa diatasi ini akan menjadi sel yang abnormal pada bagian tiroid yang akan menjadi awal dari tumor penyebab kanker. Sel yang tidak normal ini bisa hanya di bagian kelenjar tiroid namun juga bisa menyebar ke semua bagian tubuh.

Orang yang memiliki resiko tinggi terkena kanker tiroid memang harus melakukan beberapa upaya. Orang yang memiliki garis keturunan dengan penyakit kanker tiroid, maka bisa memiliki resiko yang tinggi terkena gangguan kanker tiroid. Pengangkatan tiroid bisa dilakukan untuk mencegah sebelum kanker muncul namun harus dengan pertimbangan yang sangat luas termasuk kondisi kesehatan. Pengangkatan tiroid bukan satu-satunya langkan pencegahan, namun semua orang bisa mencegah agar tidak terkena kanker tiroid dengan beberapa Cara Mencegah Kanker Tiroid dibawah ini :

 

  1. Menghindari Radiasi

Cara Mencegah Kanker Tiroid yang pertama yaitu menghindari radiasi. Semua orang yang memiliki resiko tinggi terkena kanker tiroid harus menghindari semua jenis paparan radiasi seperti pemeriksaan dengan CT Scan, X ray, dan beberapa jenis tes medis lain. Pemeriksaan dengan radiasi hanya bisa dilakukan dengan dosis yang sangat rendah. Hal ini seperti yang banyak diketahui pada radiasi HP menyebabkan kanker otak.

  1. Pemeriksaan Tes Darah

Cara Mencegah Kanker Tiroid berikutnya yaitu dengan melakukan pemeriksaan tes darah bisa dilakukan untuk semua orang yang memiliki riwayat kanker tiroid dalam keluarga. Pemeriksaan dilakukan secara berkala sebagai upaya untuk mengetahui gejala dan deteksi dini sehingga perawatan bisa dilakukan secepatnya. Jika terbukti menderita kanker tiroid maka bisa dilakukan pengangkatan tiroid dan konsumsi hormone tiroid sepanjang hidup.

  1. Hindari Rokok

Merokok hanya akan meningkatkan resiko Cara Mencegah Kanker Tiroidkanker tiroid. Bagaimanapun rokok mengandung nikotin yang bisa menjadi karsinogen atau zat pembangun kanker dalam tubuh. Rokok juga bisa menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius untuk tenggorokan seperti beberapa jenis kanker paling mematikan di dunia. Jadi Cara Mencegah Kanker Tiroid yang baik yaitu dengan menghindari rokok untuk orang yang memiliki resiko tinggi kanker tiroid maupun untuk orang yang sehat.

  1. Istirahat Teratur

Tubuh harus mendapatkan istirahat yang teratur sesuai dengan kebutuhan. Ketika tubuh terlalu banyak bekerja maka bisa menimbulkan beberapa gangguan untuk sistem kerja kelenjar tiroid. Istirahat teratur tidak harus tidur tapi bisa juga bersantai, menikmati udara yang segar atau berkumpul bersama keluarga, bisa menjadi langkah Cara Mencegah Kanker Tiroid yang paling mudah dilakukan. – Cara Mencegah Kanker Tiroid

  1. Pola Makan Sehat dan Bergizi

Cara Mencegah Kanker Tiroid terakhir maka bisa memulai dari mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung yodium dalam jumlah yang kecil. Bagi penderita kanker tiroid bisa mengikuti beberapa aturan dibawah ini:

  • Makanan yang harus dihindari : Menghindari semua jenis makanan yang mengandung yodium tinggi; semua jenis susu, keju, produk olahan susu, es krim, mentega dan yogurt; makanan yang dipanggang, dibakar atau memakai bahan pengawet; berbagai jenis makanan dari laut termasuk rumput laut; berbagai jenis makanan olahan kedelai dan kacang-kacangan.  – Cara Mencegah Kanker Tiroid
  • Makanan yang diperbolehkan : Makanan segar seperti sayur, buah dan daging yang dimasak dengan kandungan garam yang rendah atau garam khusus dengan yodium rendah. – Cara Mencegah Kanker Tiroid

 

 

Cara Mencegah Kanker Tiroid

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*