Cara Mencegah Kanker Kulit Melanoma

Cara Mencegah Kanker Kulit Melanoma

Cara Mencegah Kanker Kulit MelanomaCara Mencegah Kanker Kulit Melanoma – Melanoma adalah jenis kanker yang berkembang pada melanosit, sel pigmen kulit yang berfungsi sebagai penghasil melanin. Melanin inilah yang berfungsi menyerap sinar ultraviolet dan melindungi kulit dari kerusakan. Melanoma adalah jenis kanker kulit yang jarang dan sangat berbahaya. Kondisi ini dimulai dari kulit manusia dan bisa menyebar ke organ lain dalam tubuh. Kemunculan tahi lalat baru atau perubahan pada tahi lalat yang sudah ada biasanya menjadi pertanda umum atau gejala melanoma. Hal ini bisa terjadi di seluruh tubuh, tapi beberapa bagian tubuh yang sering mengalami kemunculannya adalah:

  • Wajah
  • Tangan
  • Punggung
  • Kaki

Melanoma memiliki bentuk yang tidak beraturan dan lebih dari satu warna. Tahi lalat yang terserang melanoma bisa terasa gatal dan bisa mengalami pendarahan, selain itu, ukurannya juga bisa melebihi tahi lalat normal. Untuk membedakan antara tahi lalat normal dan melanoma, daftar ABCDE sudah dikembangkan untuk orang-orang.

 

Cara Mencegah Kanker Kulit Melanoma

Banyak penyakit atau gangguan kesehatan yang sebenarnya bisa kita cegah, termasuk melanoma. Melanoma dikenal sebagai jenis kanker kulit yang paling ganas.

Melanoma sering terjadi akibat sering terkena paparan radiasi sinar UV dari sinar matahari atau tanning. Munculnya melanoma merupakan akibat dari rusaknya sel-sel melanosit atau sel penghasil pigmen kulit. Meski semua orang memiliki risiko terkena melanoma, namun kita juga bisa melakukan tindakan untuk pencegahan. Berikut adalah beberapa Cara Mencegah Kanker Kulit Melanoma yang sebenarnya mudah untuk kita lakukn, diantaranya :

 

  1. Hindari paparan sinar matahari saat sedang terik (tengah hari)

Biasanya paparan radiasi sinar matahari paling kuat antara jam 10 pagi sampai jam 2 siang. Cara Mencegah Kanker Kulit Melanoma yaitu mengatur jadwal kegiatan di luar ruangan di luar waktu tersebut. Kulit kita menyerap radiasi UV sepanjang tahun dan awan menawarkan sedikit perlindungan dari sinar matahari yang merusak.

Cara Mencegah Kanker Kulit Melanoma yang pertama adalah menghindari sinar matahari langsung di saat-saat paparan radiasinya terkuat membantu kita terhindar dari sunburns dan suntans yang menyebabkan kerusakan kulit dan meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Selain itu, paparan sinar matahari yang terakumulasi dari waktu ke waktu juga dapat menyebabkan kanker kulit.

 

  1. Kenakan tabir surya

Meski tabir surya tidak menyaring semua radiasi UV yang berbahaya, terutama radiasi yang dapat menyebabkan melanoma, namun memainkan peran utama dalam melindungi kulit terhadap sinar matahari secara keseluruhan.

Cara Mencegah Kanker Kulit Melanoma yang efektif yaitu dengan menggunakan tabir surya spektrum luas minimal yang mengandung SPF 15. Cara Mencegah Kanker Kulit Melanoma dengan mengoleskan tabir surya secara lembut dan ulangi kembali setiap dua jam atau lebih sering jika kita berenang atau berkeringat. Bahkan, American Academy of Dermatology menganjurkan penggunaan tabir surya yang memiliki spektrum luas dan tahan air dengan SPF minimal 30.

 

  1. Kenakan pakaian yang melindungi kulit

Tabir surya tidak memberikan perlindungan lengkap terhadap sinar UV. Jadi menutupi kulit dengan pakaian yang gelap dan rapat yang menutupi lengan dan kaki serta topi bertepi lebar juga merupakan Cara Mencegah Kanker Kulit Melanoma yang efektif karena dapat memberikan perlindungan lebih.

 

  1. Kenakan sunglasses

Cara Mencegah Kanker Kulit Melanoma yang kebanyakan wanita lakukan adalah  menggunakan sunglasses. Cari dan gunakan kacamata pelindung cahaya matahari (sunglasses) yang bisa menghalangi kedua jenis radiasi, yakni radiasi UVA dan UVB.

 

  1. Hindari melakukan tanning

Tanning adalah proses pencoklatan kulit yang Cara Mencegah Kanker Kulit Melanomabiasa dilakukan oleh orang berkulit putih agar kelihatan menarik. Jika orang Indonesia kebanyakan ingin membuat kulit mereka lebih putih dan cerah, beberapa orang di dunia ini, termasuk sedikit dari Indonesia ingin kulitnya agar terlihat kecoklatan. Lampu yang digunakan untuk tanning memancarkan sinar UV sehingga dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Cara Mencegah Kanker Kulit Melanoma yang baik yaitu dengan menghindari melakukan tanning.

 

  1. Kenali kondisi kulit dan perubahan yang mungkin terjadi

Cara Mencegah Kanker Kulit Melanoma yang terakhir yaitu dengan kenali kondisi kulit dan perubahannya yang mungkin terjadi. Cara Mencegah Kanker Kulit Melanoma dengan melakukan pemeriksaan kulit secara teratur, kenali adanya kemungkinan pertumbuhan kulit baru, perubahan pada tahi lalat, munculnya bintik-bintik, atau benjolan baru. Dengan bantuan cermin, periksa wajah, leher, telinga, dan kulit kepala. Periksa juga bagian dada dan punggung, serta lipatan pada lengan dan tangan.

Periksa kedua bagian depan dan belakang kaki, termasuk telapak dan ruang-ruang antara jari-jari kaki. Selain itu, lakukan juga pemeriksaan pada area genital dan lipatan pada bagian pantat. Cara Mencegah Kanker Kulit Melanoma dengan pemeriksaan secara menyeluruh dan berkala terhadap kondisi kulit akan membuat kita dapat mendeteksi lebih dini apabila terjadi perubahan yang abnormal pada kulit.

 

 

Cara Mencegah Kanker Kulit Melanoma

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*